Sabtu, 04 September 2010

METODE PENELITIAN PENDIDIKAN

MATA KULIAH : METODE PENELITIAN PENDIDIKAN
DOSEN : Dosen: Prof. H. D. Sudjana, M.Ed, Ph.D
KODE MATA KULIAH : MKP608
BOBOT SKS : (3 SKS)
JENJANG STUDI : MAGISTER



A. IHTISAR UMUM MATA KULIAH

Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep, prinsip, pendekatan, metode dan teknik penelitian pendidikan. Dibahas pula tentang penerapan teori-teori penelitian dalam praktek di lapangan, khususnya dalam bidang studi pendidikan umum.
Metode penelitian pendidikan perlu dikuasai oleh calon tenaga kependidikan dan mereka yang berprofesi kependidikan dalam upaya pencanderaan dan pengembangan kebijakan dan program-program pendidikan yang menjadi tugasnya.
Mata kuliah ini mempunyai dua tujuan pokok. Pertama, para rnahasiswa dapat memahami dimensi teoritis dan dimensi praktis penelitian pendidikan. Kadua, mereka mampu menggunakan dimensi-dimensi penelitian pendidikan dalam menyusun rencana penelitian dalam program studi yang diikuti.
Proses pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran partisipatif. Di dalamnya mencakup penggunaan metode pembelajaran individual dan kelompok. Pembelajaran individual berkaitan dengan telaah kepustakaan dan tugas penyusunan kerangka penelitian ilmiah yang diharapkan membantu mahasiswa dalam memperlancar penyusunan proposal thesis atau karya ilmiah lainnya. Pembelajaran kelompok dilakukan dalam penyusunan laporan tugas baik buku-buku yang diwajibkan maupun laporan lapangan.


B. POKOK-POKOK BAHASAN

Mata kuliah ini mencakup pokok-pokok kajian/bahasan sebagai berikut:
1. Hakekat dan kegunaan metode penelitian pendidikan bagi lembaga-lembaga, masyarakat, dan tenaga kependidikan.
2. Jenis-jenis penelitian pendidikan.
3. Pendekatan dan paradigma peneliti pendidikan.
4. Masalah-masalah dalam penelitian pendidikan.
5. Populasi, sampel/subjek dalam penelitian pendidikan.
6. Metode-metode penelitian pendidikan.
7. Teknik-teknik dan lnstrumen penelitian pendidikan.
8. Analisis data dalam penelitian pendidikan.
9. Penggunaan statistik dalam penelitian pendidikan.
10. Kerangka umum rancangan dan prosedur penelitian pendidikan.

C. TAGIHAN
a. Presensi dalam perkuliahan,
b. Penyusunan makalah individual dan kelompok,
c. Penyajian makalah kelompok,
d. Partisipasi dalam diskusi kelompok/kelas,
e. Ujian tengah semester dan akhir semester.

D. SUMBER
Babble, E. (1986). The Practice of Social Research. Belmont, California: Wadsworth Publishing Co.
Bogdan, R. C. and Bikken, S. K. (1982). Qualitative Research for Educcation: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon Inc.
Creswell, J. W. (1994). Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches.London: Sage Publications.
Fowles, J. (1984). Handbook of Fuutures Research. London: Greenwood Press.
Lincoln, Y. S. and Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. London: Sage Publications.
McTaggart, R. (1993). Action Research: A Short Modern History. Victoria, Australia: Deakin University.
Moleong, L. Y. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Penerbit Remaja Rosdakarya.
Riyanto, Y. (2001). Melodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.
Sudjana, D. (2001). Penilaian Dalam Manajemen Program Pendidikan. Bandung: CV Fallah Production.
Sudjana, N. dan Ibrahim (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algesindo.
Suryabrata, S. (2000). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tim Pelatih Proyek PGSM (1999). Penelitian Tindakan Kelcrs (Classroom Action Rese(irch). Jakarta: Depdiknas, Proyek PGSM.
Universitas Pendidikan Indonesia (2001). Pedoman Penurlisan Kaiya 1lmiah (laporan Buku, Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi). Bandung: UPI.

E. PERTEMUAN, TUGAS KELOMPOK, POKOK BAHASAN, DAN RUJUKAN.
PERTE
MUAN
KE
KE
LOM
POKOK BAHASAN SUMBER
1 Orientasi ruang lingkup strategi pembelajaran medote penelitian pendidikan, identifikasi kebutuhan belajar dan materi pembelajaran
Dosen
Handouts
2 Hakekat dan kegunaan penelitian di
perguruan tinggi, lembaga, dan
masyarakat Handouts
3-4 Ruang lingkup dan fungsi penelitian
pendidikan dalam sistem pendidikan Sudjana & Ibrahim: 1-17,
195-212, Creswell: 1-29,
Moleong: 15-21,
Djoyosuroto: 27-28
5-6 Jenis-jenis penelitian pendidikan Suryabrata: 9-57; Sudjana
& Ibrahirn: 18-82; Tim: 1
24; Taggart: 1-40; Fowles:
3-15.
7-8 Pendekatan-pendekatan dalam
penelitian pendidikan. Suryabrata: 59-93
Moleong: 29-110
9- 10 Metode-metode penelitian pendidikan
UJIAN TENGAH SEMESTER
11-12 Teknik-teknik penelitian pendidikan
13-14 Penggunaan statistik dalam penelitian
pendidikan
15-16 Penyusunan dan pembahasan proposal
penelitian pendidikan
UJIAN AKHIR SEMESTER

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar