Rabu, 10 Maret 2010

SILABUS PERKULIAHAN; PENGANTAR KOMUNIKASI PENDIDIKAN

Mata Kuliah : PENGANTAR KOMUNIKASI PENDIDIKAN
Kode Mata Kuliah : KUT 507
SKS : 2 SKS
Dosen : Drs. H. Dinn Wahyudin, M.A.
Dra. Hj. Permasih
Deni Darmawan,S.Pd.,M.Si

Program Studi : Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Prasyarat : -
Waktu Perkuliahan : Semester Ganjil (I)


Deskripsi mata kuliah
Mata kuliah Pengantar Komunikasi Pendidikan ini terdiri dari beberapa kumpulan pengetahuan dan keterampilan mengenai dasar, bentuk, model, media dan contoh implementasi ilmu komunikasi dalam proses pendidikan dan pembelajaran mulai dari tahapan desain sampai dengan evaluasi.

Pengalaman Belajar
Selama mengikuti perkuliahan ini mahasiswa secara diwajibkan mengikuti kegiatan yang mencakup:
a. Telaah terhadap perspektif komunikasi dalam dunai pendidikan dan pembelajaran.
b. Mengembangkan contoh perencanaan komunikasi verbal, non verbal dalam pembelajaran.
c. Praktikum contoh model-model komunikasi dalam pembelajaran.
d. Telaah pemanfaatan media komunikasi dalam pembelajaran.

Evaluasi Hasil Belajar:
Keberhasilan mahasiswa dalam Perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:
a. Partisipasi kegiatan kelas
b. Pemerolehan pengetahuan dan keterampilan dalam penerpaan model-model komunikasi dalam pembelajaran
c. Pembuatan dan pengembangan desain persiapan mengajar yang memanfaatan model dan media komunikasi.
d. Presentasi hasil praktikum masing-masing model komunikasi pembelajaran, UTS dan UAS.



Uraian pokok bahasan setiap pertemuan:
1) Pertemuan ke-1
Judul Pokok Bahasan:
1. Konsep Dasar Komunikasi Pendidikan.
Tujuan Umum
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar komunikasi bagi pengembangan proses pembelajaran
Tujuan Khusus
Menjelaskaan pengertian tentang konsep-konsep dasar komunikasi bagi pengembangan proses pembelajaran.
Menjelasakan kaitan materi pembelajaran yang dikaji dalam perspektif komunikasi pendidikan dengan
benar
Ruang lingkup:
1 Komunikasi sebagai plogiston bagi masyarakat
2 Berbagai definisi komunikasi
3 Berbagai fenomena komunikasi
Prosedur Perkuliahan
-Ceramah bervariasi,
-penugasan
-presentasi
-diskusi
Tugas yang harus ditempuh mahasiswa:
Mencari definisi komunikasi dan pendidikan.
Sumber :
Internet dan buku yang mendukung.

2) Pertemuan ke-2
Judul Pokok Bahasan:
2. Komponen Dasar Komunikasi Pendidikan.
Tujuan Umum
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat memahami komponen pokok komunikasi bagi pengembangan proses pembelajaran.
Tujuan Khusus
1. Menyebutkan komponen utama komunikasi
2. Menguraikan peran encoder/komunikator
3. Mengidentifikasi pesan/ media dan
4. Memahami decoder/komunikan.
Ruang lingkup:
Komponen-komponen Komunikasi
2.1 Encoder/ komunikator
2.2 Pesan/ message
2.3 Chanel/ media
2.4 Decoder/ komunikan
Prosedur Perkuliahan
-Ceramah bervariasi,
-penugasan
-presentasi
-diskusi
Tugas yang harus ditempuh mahasiswa:
Mencari bentuk penerapan komponen komunikasi dalam pendidikan.
Sumber :
Internet dan buku yang mendukung.

3) Pertemuan ke-3
Judul Pokok Bahasan:
3. Fungsi Komunikasi Pendidikan.
Tujuan Umum
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat memahami fungsi komunikasi bagi pengembangan proses pembelajaran.
Tujuan Khusus
1. Mahasiswa dapat memahami fungsi komunikasi sebagai motivator
2. Mahasiswa dapat menginterpretasikan kontrol sosial dalam komunikasi pembelajaran.
3. Mahasiswa dapat menguraikan bentuk kebersamaan sebagai pola komunikasi dalam pembelajaran
4. Mahasiswa dapat menerapkan prinsip komunikasi sebagai differentiator bahasa/ budaya dalam pendidikan
Ruang lingkup:
Fungsi komunikasi
3.1 Komunikasi sebagai motivator sikap/ prilaku
3.2 Komunikasi sebagai kontrol sosial
3.3 Komunikasi sebagai pembentuk kebersamaan
3.4 Komunikasi sebagai faktor integrator kelompok/ kelas
3.5 Komunikasi sebagai faktor defferentiator budaya pembelajaran
Prosedur Perkuliahan
-Ceramah bervariasi,
-penugasan
-presentasi
-diskusi
Tugas yang harus ditempuh mahasiswa:
Membuat laporan bentuk-bentuk penerapan fungsi komunikasi dalam pendidikan.
Sumber :
Internet dan buku yang mendukung.

4) Pertemuan ke-4 dan 5
Judul Pokok Bahasan:
4. Faktor-faktor Komunikasi dalam Pendidikan.
Tujuan Umum
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar komunikasi bagi pengembangan model proses pembelajaran
Tujuan Khusus
1. Mahasiswa dapat memahami faktor personal dalam komunikasi pembelajaran dengan baik.
2. Mahasiswa dapat menginterpretasikan makna ego dalam dalam praktek komunikasi pembelajaran.
3. Mahasiswa dapat menguraikan bentuk komunikasi dalam kelompok selama pembelajaran
4. Mahasiswa dapat menerapkan prinsip komunikasi sebagai differentiator bahasa/ budaya dalam pendidikan
Ruang lingkup:
Proses komunikasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi
4.1 The ego (the self)
4.2 Komunikasi antar personal
4.3 Komunikasi dalam kelompok/ kelas
4.4 Komuniksi dalam organisasi/ sekolah

Prosedur Perkuliahan
-Ceramah bervariasi,
-penugasan
-presentasi
-diskusi
Tugas yang harus ditempuh mahasiswa:
Membuat laporan bentuk-bentuk penerapan komunikasi antar pesona dan kelompok dalam proses pembelajaran.
Sumber :
Internet dan buku yang mendukung.

4) Pertemuan ke-6 dan 7
Judul Pokok Bahasan:
5. Perspektif Bidang Kajian Komunikasi Pendidikan.
Tujuan Umum
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar komunikasi bagi pengembangan proses pembelajaran
Tujuan Khusus
1. Mahasiswa dapat memahami secara historis mengenai kajian komunikasi pendidikan-pembelajaran dengan baik.
2. Mahasiswa dapat memahami secara sosiologis mengenai kajian komunikasi pendidikan-pembelajaran dengan baik.
3. Mahasiswa dapat memahami mengenai kajian komunikasi pendidikan-pembelajaran melalui pendekatan psikologis dengan benar.
4. Mahasiswa dapat memahami faktor bduaya sebagai pendukung penerapan komunikasi dalam pendidikan-pembelajaran dengan baik.
5. Mahasiswa dapat menunjukkan jenis penerapan perspektif komunikasi dalam pendidikan-pembelajaran dengan baik
Ruang lingkup:
Perspektif bidang kajian komunikasi
5.1 Tinjauan historis
5.2 Tinjauan sosiologis
5.3 Pendekatan psikologis
5.4 Faktor budaya bahasa
5.5 Implikasi dalam pendidikan
Prosedur Perkuliahan
-ceramah bervariasi,
-penugasan
-presentasi
-diskusi
Tugas yang harus ditempuh mahasiswa:
Membuat laporan analisis perspektif komunikasi dalam proses pembelajaran.
Sumber :
Internet dan buku yang mendukung.
5) Pertemuan ke-8
Melaksanakan Ujian Tengah Semester
Dengan jenis soal essay terbatas dalam entuk tulisan yang mengukur pengalaman belajaran mahasiswa dari pertemuan ke- sampai pertemuan ke-7

6) Pertemuan ke-9 dan 10
Judul Pokok Bahasan:
6. Teknik dan Prinsip Komunikasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran.
Tujuan Umum
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami konsep dasar komunikasi bagi pengembangan proses pembelajaran.
Tujuan Khusus
1. Mahasiswa dapat menunjukkan prinsip komunikasi dalam proses ceramah untuk kegiatan pembelajaran dengan baik.
2. Mahasiswa dapat menunjukkan prinsip komunikasi dalam proses dramatisasi untuk kegiatan pembelajaran dengan baik.
3. Mahasiswa dapat menunjukkan prinsip komunikasi dalam proses simluasi untuk kegiatan pembelajaran dengan baik.
4. Mahasiswa dapat menunjukkan prinsip komunikasi dalam proses diskusi untuk kegiatan pembelajaran dengan baik.
5. Mahasiswa dapat menunjukkan prinsip komunikasi dalam proses modular untuk kegiatan pembelajaran dengan baik.
Ruang lingkup:
Teknik dan prinsip komunikasi
6.1 Teknik dan prinsip komunikasi dalam kegiatan ceramah
6.2 Teknik dan prinsip komunikasi dalam kegiatan dramatisasi
6..3 Teknik dan prinsip komunikasi dalam kegiatan ceramah simulasi
6.4 Teknik dan prinsip komunikasi dalam kegiatan diskusi/ seminar
6.5 Teknik dan prinsip komunikasi dalam kegiatan modular dan AV
Prosedur Perkuliahan
-ceramah bervariasi,
-penugasan
-presentasi
-diskusi
Tugas yang harus ditempuh mahasiswa:
Membuat laporan analisis penerapan prinsip komunikasi dalam ceramah, drama, simulasi, diskusi, modular dalam pembelajaran.
Sumber :
Internet dan buku yang mendukung.

7) Pertemuan ke-11 dan 12
Judul Pokok Bahasan:
7. Bentuk dan Model Komunikasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran.
Tujuan Umum
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat menerapkan bentuk dan model komunikasi pengembangan proses pembelajaran.
Tujuan Khusus
1. Mahasiswa dapat menunjukkan bentuk komunikasi publik dalam pembelajaran dengan benar.
2. Mahasiswa dapat menunjukkan bentuk komunikasi intrapersonal dalam pembelajaran dengan benar.
3. Mahasiswa dapat menunjukkan bentuk komunikasi interpersonal dalam pembelajaran dengan benar.
4. Mahasiswa dapat menunjukkan bentuk komunikasi verbal-nonverbal dalam pembelajaran dengan benar.
5. Mahasiswa dapat menunjukkan model komunikasi mekanistik dalam pembelajaran dengan benar.
6. Mahasiswa dapat menunjukkan model komunikasi psikologis dalam pembelajaran dengan benar
7. Mahasiswa dapat menunjukkan model komunikasi pragmatis dalam pembelajaran dengan benar
Ruang lingkup:
Bentuk dan Model Komunikasi
7.1 Komunikasi publik
7.2 Komunikasi intra personal
7.3 Komunikasi interpersonal
7.4 Komunikasi verbal/ nonverbal
7.5 Model mekanistik
7.6 Model interaksional
7.7 Model psikologis
7.8 Model pragamtais
Prosedur Perkuliahan
-ceramah bervariasi,
-penugasan
-presentasi
-diskusi
Tugas yang harus ditempuh mahasiswa:
Membuat laporan analisis penerapan bentuk dan model komunikasi dalam pembelajaran.
Sumber :
Internet dan buku yang mendukung.

8) Pertemuan ke-13
Judul Pokok Bahasan:
8. Psikologis manusia dalam perspektis komunikasi pembelajaran.
Tujuan Umum
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat menilai dampak psikologis manusia sebagai dasar memahami komunikasi dalam proses pembelajaran.
Tujuan Khusus
1. Mahasiswa dapat menunjukkan bentuk penerapan perhatian dalam proses komunikasi pembelajaran dengan benar.
2. Mahasiswa dapat menunjukkan bentuk penerapan pemahaman dalam proses komunikasi pembelajaran dengan benar.
3. Mahasiswa dapat menunjukkan bentuk penerapan penerimaan dalam proses komunikasi pembelajaran dengan benar.
4. Mahasiswa dapat menunjukkan bentuk penerapan bahasa, gaya, sikap dan nilai dalam proses komunikasi pembelajaran dengan benar.
Ruang lingkup:
8. Psikologis manusia dalam perspektif komunikasi
8.1 Perhatian, pemahaman dan penerimaaan dalam proses komunikasi
8.2 Bahasa, gaya , kepercayaan, sikap dan nilai
Prosedur Perkuliahan
-ceramah bervariasi,
-penugasan
-presentasi
-diskusi
Tugas yang harus ditempuh mahasiswa:
Membuat laporan analisis penerapan psikologis manusia dalam komunikasi pembelajaran.
Sumber :
Internet dan buku yang mendukung.

9) Pertemuan ke-14
Judul Pokok Bahasan:
9. Organisasi dalam studi komunikasi .
Tujuan Umum
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat mengembangkan proses komunikasi dalam organisasi pendidikan
Tujuan Khusus
1. Mahasiswa dapat menjelaskan peranan organisasi pendidikan ditinjau dari ilmu komunikasi dengan benar.
2. Mahasiswa dapat menunjukkan bentuk skema penerapan alat komunikasi dalam organiasai pendidikan dengan benar.
3. Mahasiswa dapat menunjukkan proses komunikasi dalam Organisasi Pendidikan dengan benar.
Ruang lingkup:
Organisasi dalam studi komunikasi
9.1 Peran organisasi Pendidikan
9.2 Skema dan garis besar alat komunikasi organisasi Pendidikan
9.3 Proses komunikasi dalam organisasi Pendidikan
Prosedur Perkuliahan
-ceramah bervariasi,
-penugasan
-presentasi
-diskusi
Tugas yang harus ditempuh mahasiswa:
Membuat laporan analisis penerapan komunikasi dalam organisasi pendidikan..
Sumber :
Internet dan buku yang mendukung.

10) Pertemuan ke-15
Judul Pokok Bahasan:
10. Bentuk komunikasi modern.
Tujuan Umum
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat menerapkan bentuk komunikasi modern dalam proses pembelajaran.
Tujuan Khusus
1. Mahasiswa dapat menjelaskan bentuk komunikasi one line dalam pembelajaran dengan benar.
2. Mahasiswa dapat menjelaskan bentuk komunikasi kelompok kecil dalam pembelajaran dengan benar.
3. Mahasiswa dapat menjelaskan bentuk komunikasi exposisi dalam pembelajaran dengan benar.
4. Mahasiswa dapat menjelaskan bentuk komunikasi persuasif dalam pembelajaran dengan benar.
Ruang lingkup:
Bentuk komunikasi modern
10.1 Komunikasi one line
10.2 Komunikasi kelompok kecil
10.3 Komunikasi exposisi
10.4 Komunikasi persuasif
Prosedur Perkuliahan
-ceramah bervariasi,
-penugasan
-presentasi
-diskusi
Tugas yang harus ditempuh mahasiswa:
Membuat laporan analisis penerapan bentuk komunikasi modern dalam pendidikan.
Sumber :
Internet dan buku yang mendukung.


11) Pertemuan ke-16 dan 17
Judul Pokok Bahasan:
11. Mass Media dan Dimensi Etika Komunikasi
Tujuan Umum
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat mengembangkan penggunaan mass media dalam proses komunikasi untuk kepentingan pendidikan
Tujuan Khusus
1. Mahasiswa dapat menjelaskan bentuk pengaruh media dalam komunikasi dalam pembelajaran dengan benar.
2. Mahasiswa dapat menjelaskan bentuk keseimbangan etika media massa dalam komunikasi pembelajaran dengan benar.
3. Mahasiswa dapat menjelaskan bentuk perilaku yang menunjukkan kebebasan tanggungjawab berbicara dalam komunikasi pembelajaran dengan benar.
Ruang lingkup:
Mass Media dan Dimensi Etika Komunikasi
11.1 Pengaruh dan penggunaan media komunikasi
11.2 Keseimbangan etika media massa dan aplikasinya dalam komunikasi pembelajaran
11.3 Kebebasan dan tanggung jawab berbicara
Prosedur Perkuliahan
-ceramah bervariasi,
-penugasan
-presentasi
-diskusi
Tugas yang harus ditempuh mahasiswa:
Membuat laporan analisis penerapan media dan dimensi etika komunikasi dalam pendidikan dan pembelajaran.
Sumber :
Internet dan buku yang mendukung.


Sumber dan Dokumen:
Onong Uchyana, Filsafat Ilmu dan Teori Komunikasi, Jakarta: Dinastindo, 1993
Weisgerber, R.A, Introduction Communication, New York: Mc Graw Hill, 1964
Day Denis, Learning and Communication Theory dalam Central States Speech Journal No. 15, p. 84-89.
Mc Luhan, Marshall, Understanding Media, New York: Mc Graw Hill, 1964
Trimo MLS, Pengembangan Pendidikan Bab V, Bandung: Rosda Karya, 1987
Mowrer, O.H., Ego Psychology, Cybernetics, and Learning Theory,New York: John Wiley, 1954.
Deni Darmawan, Pengantar Komunikasi Pendidikan Proyeksi dalam Bidang Infomasi, Sosial dan Psikologi, Bandung: IKIP Bandung, 1999.
Everett M. Rogers, Communication Technology, London: Colier Macmilan Publisher, 1986
Charlest R. Berger. E Steven H. Chaffee, Hand Book of Communication Science, New Delhi: Sage Publication, 1987.
Denis Mcquail an Steven Windal, Communications Models, London: Longman Publisher, 1988
Rogers D. Wimmer and Joseph R. Dominik, Mass Media Research, California: Wadworth Publishing Company, 1987
L. David Ritchie, Communication Information, New Delhi: Sage Publication, 1991
Jalaludin Rahmat, Psikologi Komunikasi, Bandung: Rosda Karya, 1996.


Jurnal :
Berupa jurnal yang dapat dijadikan sumber belajar mahasiswa yang berisi artikel-artikel mengenai komunikasi umum dan komunikasi bidang pendidikan-pembelajaran baik di dalam maupun dari luar negeri yang dapat diakses melalui internet dalam situs-situs web yang tersedia.
Internet:
Untuk pokok bahasan bentuk, dan model komunikasi mahasiswa wajib mengunjungi situs nonverbal communication dan yang lainnya dalam website yang dimiliki oleh organiasi atau kelompok oganisasi komunikasi di situs-situs internet.

Dosen dapat dihubungi melalui:
1. Drs. H. Dinn Wahyudin, M.A. Hp. 0818203764
2. Dra. Hj. Permasih Hp. 08164200269
3. Deni Darmawan melalui HP. 081320341199 atau ke E-mail: deni_biocom@plasa.com

1 komentar:

  1. om klo pokok bahasan'y ada gk....
    misal :
    - Komponen Dasar Komunikasi Pendidikan

    BalasHapus